Dewasa


Lagi, kujalani separuh bumi. Karenanya ku beritahu dewasa bukankah berapa usia namun berapa kepala yang telah ia baca. Bukan juga seberapa tinggi jabatan tapi seberapa ia memahami bawahan.

Karenanya diberitahu, egois adalah sebagian dari ketidak dewasaan. Tentu, sebuah jabatan juga pangkat bukan menjadikan kita harus di pahami. Selalu mengedepankan bagaimana pikiran juga perasaan kita tanpa mengerti bagaimana perasaan mereka. Lantas itukan dewasa, tentu tidak.

Belajarlah tak mesti dengan guru, kadang buku juga menjadi pembimbing yang baik. Namun, belajarlah juga bergurulah. Karena dipahami bahwa butuh seorang nahkoda dalam sebuah kapal meski kita mampu membaca peta. Karenanya kadang pola pikir terbentuk oleh buku yang kita baca juga dengan siapa kita belajar.

Kadang, ada hal hal tertentu yang membuat kita paham. Tak hanya butuh sebuah buku namun butuh sebuah guru agar kita tidak egois, juga tak menganggap kita adalah yang paling benar. Karena guru memberikan kita ruang untuk berpikir lebih luas dengan perbandingan-perbandingan.
Lantas itukan saya, mungkin saja.

0 komentar:

Post a Comment

Social Icons

 
Copyright © 2015 Bang Bintang, All rights reserved