Kehilangan


Sepanjang masa hidup, kita hampir pasti akan merasakan suatu kehilangan. Entah itu berupa materi atau orang terkasih kita. Dan bagi kita, kehilangan itu awalnya terlihat tidak adil. Tapi jika kita renungkan lebih jauh lagi, kehilangan itu sejatinya terjadi agar ada perubahan positif dan berarti dalam hidup kita.

Berkeras mempertahankan apa yang kita miliki tidak membuat kita atau dunia di sekitar kita menjadi lebih baik. Tapi memberikan dengan ketulusan hati dapat membantu banyak orang dan membuat mereka bahagia.

Sepertihalnya kehilangan satu sepatu diantara lajunya kereta. Sepatu yang terjatuh tadi mungkin akan ditemukan oleh seseorang, dan bisa saja dia itu orang yang tak berpunya. Tapi, apakah sepatu yang cuma sebelah itu ada gunanya buatnya? Tidak, kan? Sementara kita sendiri, apakah sepatu yang masih melekat di kaki kita tadi juga masih bermanfaat bagi kita? Tidak juga, kan?

“Jika kita melemparkan sepatu sebelahnya lagi, kemungkinan besar orang yang tadi menemukan sepatu kita akan menemukan pasangannya. Dengan begitu, sepatu itu bisa kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Karena itulah, saya lemparkan sepatu sebelahnya lagi supaya orang yang menemukannya bisa memanfaatkannya dengan baik.”

Kisah : Mahatma Gandhi

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 Bang Bintang, All rights reserved